Journey to the Embassy of the Republic of Indonesia






Gue mau sedikit berbagi pengalaman gue selama gue menuntut ilmu sampai dapet kerja. Mungkin bisa sedikit menambah motivasi kalian yang sedang cari kerjaan, tapi gue bukan seorang motivator ya. :D Oke kita langsung aja jangan kebanyakan narasi wkwkw. :v

Sebelumnya perkenalkan nama gue Arif Fakhrudin Maulana lulusan S1 – Teknik Pertanian Universitas Jenderal Soedirman. Diawali dengan masuknya gue ke sekolah, baik SD, SMP, dan SMA. Selama gue menuntut ilmu di sekolah, gue bukan termasuk orang yang pinter, ya gue biasa-biasa aja. Pinter banget kaga,  multitalent juga kaga, pokoknya gue masih jauh dibawah temen-temen gue yang luar biasa. Singkat cerita, waktu itu gue kelas 12 SMA dan pastinya udah pada mikirin dong mau lanjut kuliah dimana?? Atau juga ada yang mau langsung kerja yee kan?? Gue termasuk salah satu yang mikirin mau lanjut buat kuliah, keinginan gue dulu pengen masuk universitas favorit. Setelah kelulusan SMA dan keluar pengumuman hasil SNMPTN, hasilnya disitu terlihat jelas warna MERAH CUYYY!! Gue gagal masuk universitas lewat jalur SNMPTN dan itu nyesek bangett. Beberapa hari setelah pengumuman gue otomatis belajar buat persiapan SBMPTN, di SBMPTN gue milih universitas yang sama kaya waktu milih di SNMPTN. Waktu ujian seleksi SBMPTN semakin dekat, dan mulai lah waktunya gue ujian untuk seleksi SBMPTN, disitu pun gue ragu akan hasil ujian gue, dan alhamdulillah siapa sangka gue bakal lolos dari SBMPTN dan diterimalah gue sebagai mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman.

Awal masuk kuliah, gue belum banyak mengenal temen-temen angkatan (namanya juga awal) :v . Memasuki kontrak kuliah dan awal belajar di jenjang perguruan tinggi. Pertama kuliah sih semangat, rajin, telat 10 menit aja udah degdegan takut di marahin dosen dan ga boleh ikut kelas (padahal nyampe kelas, kadang dosen belum datang atau malah jam kosong) :v. Pertengahan semester mulai lah tuh kuliah santai datangnya, kagak masuk kelas klo udah telat 10 menit, TA lah sama temen, atau absen doang terus cabut (tidak untuk ditiru nih yang kaya gini, hanya dilakukan oleh profesional wkwkwk). Nyesel pasti ada sih dulu kaya gitu, soalnya ada materi yang ga diterima sama gue, alhasil mau ga  mau gue selalu minta ajarin ke temen-temen gue, bahkan belajar bareng juga tapi pada saat mau ujian haha :v. Singkat cerita gue udah memasuki tahap akhir, yaitu penelitian dan penyusunan skripsweeeetttt :p. Gue bikin target untuk bisa segera di acc proposal penelitian gue agar bisa mulai penelitiannya dan gue bisa lulus sesuai target, tapi sayangnya targetnya meleset alhasil gue kejar target ke dua untuk bisa lulus dan wisuda periode selanjutnya. Alhamdulillah proposal di acc dan gue bisa langsung penelitian dengan teman satu tim gue. Gue suka minta bantuan sama temen-temen gue yang lain buat bantuin penelitian gue lah, nemenin gue buat ambil data lah, sampai akhirnya masuk penyusunan skripsi. Singkat cerita, gue udah lewatin semua tahapan-tahapan untuk kelulusan gue, dan puncaknya gue yudisium tanggal 29 Agustus 2018 dan wisuda 17 September 2018, disitu lah secara resmi gue menyelesaikan study sarjana gue selama kurang lebih 4 tahun di Purwokerto.

“Enak nih udah lulus”

“Udah ga pusing lagi mikirin tugas atau skripsi”

“Kerja dimana sekarang?”

“Calonnya mana? Kapan nikah?” (rawan terjadi dilingkungan keluarga besar ketika lagi kumpul-kumpul) :v
Pala lu enak, masih ada yang lebih berat. Harus nyari kerja, dapet penghasilan sendiri, nikah, berkeluarga, dan hal lainnya yang ga terduga.

Setelah lulus gue cukup lama menganggur sekitar 7 bulan. Gue udah lamar kesana kesini ikut seleksi sana sini tapi memang belum rezekinya, dan akhirnya gue gagal. Entah itu perusahaan swasta ataupun BUMN. Jujur aja selama 7 bulan itu, gue udah putus asa tuh karena lamaran yang gue ajukan di tolak atau pun hasil seleksi yang selalu gagal, karena kelamaan nganggur juga ga enak buat gue pribadi. Kadang gue mikir “kenapa gue selalu gagal”, gue juga suka minder sama malu sebenernya kalau ditanya “lu dimana sekarang?udah kerja?” malu sama diri sendiri gitu karena belum bisa dapet kerjaan. Tapi dari kegagalan yang gue alami dan termotivasi juga dari temen-temen gue yang udah kerja, gue coba upgrade diri sendiri untuk bisa lebih baik dan ga stuck gitu-gitu aja, jangan lupa juga DUIT (Do’a Usaha Ikhtiar Tawakal). Alhamdulillah banyak juga temen yang mau bantuin buat share info lowongan kerja, ada juga yang ngasih saran-saran ke gue. Pada akhrinya gue udah coba semua cara, dan alhamdulillah “usaha tidak akan mengkhianati hasil” Insya Alloh kata-kata itu terbukti. Puncaknya pada saat gue pulang dari Bandung setelah ikut test seleksi di salah satu perusahaan, pada malam harinya sekitar jam 20:00 dapet kabar untuk mempersiapkan diri ikut test seleksi dan segala macam berkas, untuk kerja di KBRI. Percaya ga percaya gue dapet kesempatan buat ikut, akhirnya setelah berdiskusi bareng orang tua gue, gue putuskan untuk ikut test.

“Testnya apa aja??”

“Gimana caranya?? Ko bisa sih masuk KBRI?”

“Persyaratannya apa aja?”

Banyak pertanyaan ini setelah akhirnya gue diterima kerja di KBRI. Untuk testnya seperti biasa, TKD (Test Kemampuan Dasar) atau TPU (Test Pengetahuan Umum). TPU hampir sama kaya TWK (yang pernah ikut seleksi CPNS pasti tau kaya gimana soalnya) tapi bedanya disini, minimal harus tau info-info update seputar perpolitikan Indonesia lebih bagus lagi kalo paham sama Politik di luar negeri gimana, karena kan penempatan di KBRI pasti di luar negeri jadi setidaknya sedikit memahami kaya gimana Politik di luar negerinya. Gue juga sebenernya ga paham sama sekali tentang politik, karena emang pada dasarnya saat kuliah gue ga ambil jurusan Ilmu Politik ataupun Ilmu Pemerintahan. Tapi politiknya secara umumnya ya, ga spesifik banget. Misal kaya Menteri Luar Negeri siapa?? Indonesia termasuk kedalam bagian dari organisasi apa aja baik di Asia atau Dunia?? Indonesia terlibat dan berperan penting dalam pembentukan organisasi apa aja?? Terus ada Psikotest, test kemampuan bahasa yang dikuasai (lebih bagus lagi kalau menguasai bahasa asal negaranya), tahap wawancara (wawancaranya 2x, yang pertama wawancara pada umumnya saat melamar kerja + test wawancara bahasa asing yang dikuasai). Kalo bisa menguasai bahasa asing lain, nanti bakal ada test tambahan lagi untuk bahasa asing itu sendiri atau juga bahasa daerah bisa dicoba, karena untuk bahasa baik asing ataupun daerah termasuk kedalam kemampuan yang dimiliki. So, ga ada salahnya di coba meskipun bahasa daerah. Wawancara ke dua ini, nantinya bakal di kasih tau penempatannya untuk di KBRI mana, tapi bisa di fikirkan dulu sebelum memutuskan siap berangkat dan kerja di KBRI yang udah di kasih tau sebelumnya.

“Caranya gimana??kenapa bisa masuk KBRI?” Disini gue susah sih jelasinnya gimana, ya gue cuma ngikutin prosedur yang udah ada aja. Gue cuma coba masukin lamaran aja, sampe akhirnya dapet panggilan, dan klo ditanya gimana caranya ya gue juga susah jelasin karena kan yang memutuskan diterima atau ngganya dari kemlu sendiri, bukan dari keputusan gue.

“Persyaratannya apa??” persyaratan yang disiapkan sama aja kaya ngelamar kerja pada umumnya. Untuk jaga-jaga, berkas asli persyaratannya di bawa aja pas ada panggilan.
  1. CV.
  2. Surat Lamaran.
  3. Foto Copy Ijazah.
  4. Foto Copy Transkrip Nilai.
  5. Foto Copy SKCK.
  6. Foto Copy Surat Keterangan Sehat.
  7. Foto Copy Sertifikat Toefl (kalo ada dilampirin aja).
  8. Foto Copy SIM (salah satu syarat utama dari kemlu harus bisa mengendarai kendaraan, terutama mobil).
Kenapa SIM jadi syarat utama?? Karena di KBRI baik cowo maupun cewe harus bisa ngendarai kendaraan (termasuk di tempat kerja gue sekarang). Pada saat di kantor ga ada supir, ya kita-kita ini yang nanti ngendarainya. Karena kan supir di kantor terbatas dan itupun ga semuanya posisi supir. Terus buat kalian yang emang mau coba melamar dan pengen kerja di KBRI coba cari-cari info lowongan mau di akun sosmed loker, dari webnya, atau kalo kalian ga nemu infonya bisa juga langsung masukin lamaran kalian ke Kementerian Luar Negeri di tujukan kepada Kepala Biro Kepegawaian dengan posisi yang dilamar sebagai Pegawai Setempat (Local Staff). Kalo mau, langsung aja kirim lamaran ke kemlu, bisa dikirim lewat pos atau langsung datang ke kantornya.

"Untuk yang gagal hari ini. Tenang, gagal satu dua tiga sampai banyak sekali, itu serunya proses. Sampai akhirnya ketemu hari "oh ini maksudnya" dan akhirnya baru sadar manusia memang perencana dan pekerja, bukan pencetak hasil akhir" - @nkcthi

Nahh tulisan ini gue bagikan buat kalian sekaligus berbagi pengalaman yang udah gue rasain kaya apa. Semoga bermanfaat infonya, mohon maaf kalo kepanjangan dan bertele-tele nih. Gue bukan penulis yang handal soalnya hahaha. Kalo belum jelas dari apa yang udah gue tulis ini, silakan tanya-tanya aja. Selagi bisa di jawab, bakal di bantu jawab.

"Terkadang manusia itu akan malas saat tidak memiliki pekerjaan, namun ketika didesak dengan banyak kerjaan akan muncul totalitasnya bahkan melebihi batas kemampuannya" - Mbah Nun.

KEEP SPIRIT AND GOOD LUCK FOR US!!
THANK YOU. ^_^

Komentar

  1. Manthooll bgt rippppp.. semoga aku termotivasi utk terus berusaha cari kerja. Semangat teroooz my brow

    BalasHapus
  2. Kereeen uda bisa bikin blog

    BalasHapus
  3. keren mas arippp. sukses terus yaa 👍🏼
    jgn lupa mampir http://reza-alif.blogspot.com 😂

    BalasHapus
  4. keren mas arippp. sukses terus yaa 👍🏼
    jgn lupa mampir http://reza-alif.blogspot.com 😂

    BalasHapus
  5. keren mas arippp. sukses terus yaa 👍🏼
    jgn lupa mampir http://reza-alif.blogspot.com 😂

    BalasHapus

Posting Komentar